Jumat, 19 Agustus 2011

Bendera Merah Putih

Okei jika kita mendengar kata bendera , yang terbesit di sebagian pelajar adalah " upacara " upacara = MALES !
bener ga hayo ngakuu haha :)
well disini saya ga mau bahas habbit tentang malesnya upacara , tapi saya mau sedikit sharing tentang Bendera Merah Putih . Cekidoot :)

1. SEJARAH BENDERA MERAH PUTIH

Asal kata Bendera adalah Bandira/Bandir yang artinya Umbul Umbul.
Bendera adalah Suatu Lambang yang menandakan bahwa negara yang memiliki dan mengibarkan Bendera Sendiri, Berarti negara tersebut bebas mengatur bentuk aturan negara tsb.

Bangsa Indonesia ketika zaman dahulu (sekitar 6000 Th yang lalu) menganggap bahwa Matahari dan Bulan merupakan benda langit terpenting sehingga mereka menghormati Matahari dan Bulan (Surya Candra)

Mereka Mengibaratkan Matahari adalah Merah dan bulan adalah putih. maka dari itu, bangsa indonesia sangat menghormati warna Merah dan Putih. Merah melambangkan darah, ciri manusia yang masih hidup, dan Putih melambangkan getah , ciri tumbuhan yang masih hidup.

Warna Merah Putih Khususnya bagi warga Indonesia dan Umumnya untuk rumpun Austronesia, melambangkan Keagungan, Kesaktian, dan Kejayaan. Dapat dipahami apa sebab lambang perjuangan kebangsaan Indonesia. lambang Negara Nasional, Bendera Merah Putih


2. TATA KRAMA
Mungkin banyak yang bilang " ah Paskibra mah lebai, masa bendera aja ga boleh di bawa balik kanan, ojo lebay toh "
Yup emang lebay tapiiii itu semua terasa oleh saya dan emang Tata Krama nya adalah pantas di patuhi.

A. TIDAK BOLEH MENYENTUH TANAH
    
Kenapa sih ? Logika nyaaaah, Tanah itu kan kotooor, nah masa iya sih hasil perjuangan para pahlawan kita untuk mengibarkan merah putih kita sia sia kan begitu saja dengan membiarkan Sang merah Putih jatuh ke tanah ? lagian siapa juga lagi yang mau kalo barang miliknya kotooor ???

B. TIDAK BOLEH DIBAWA BALIK KANAN
     Balik kanan sering dianggap sebagai tindakan mundur atau Retreat, artinya kalau Bendera di bawa balik kanaan secara simbolik adalah kita juga membawa Negara kita Mundur !

Maka dari itulaaaah JANGAN ANGGAP REMEH BENDERA
Karena dengan membayangkan perjuangan para pahlawan saja, kita tahu butuh CECERAN DARAH untuk mengibarkan merah putih

Dulu, Pahlawan kita susah payah mengorbankan jiwanya untuk mengibarkan Sang Merah Putih, tapi kita sekarang , ketika ada upacara, malah berkata AH MALAS !!. Padahal kita tidak perlu bercucuran darah dulu untuk mengibarkan Sang Merah Putih

- THINK ABOUT IT-
:)
EH malah ada yang bilang kalo MENGHORMAT KE BENDERA ITU GABOLEH , HARAM KATANYA !!
Coba cek di sini buat bikinkamu puaas
sumber : Buku Merah Putih

0 comments:

Posting Komentar

 
;