Minggu, 23 Desember 2012

FLAC - Format Musik berukuran 30 Mb :O

Free Lossless Audio Codec (FLAC) adalah format berkas untuk kompresi data audio lossless. Sebuah rekaman digital dapat dikompres ke dalam format FLAC sehingga berukuran lebih kecil, kemudian bila dibutuhkan dapat dikembalikan ke keadaan semula. Secara rata-rata berkas FLAC berukuran 53% dari ukuran aslinya (Wikipedia).
Format musik .flac ini didapat dari hasil disc ripping . Bedanya flac dengan format mp3 adalah bitrate dari format flac lebih besar, berkisar 320kbps, sedangkan bitrate mp3 mentok sampai 256kbps, sedangkan untuk size nya sendiri berkisar antara 30 - 35 mb untuk lagu yang memiliki durasi kurang-lebih 4 menit. boros ya ? hehe tapi format flac ini banyak digemari oleh penikmat musik loh soalnya kalo didenger via headset maupun speaker, jamin jedag-jedug deh :)
Masalah konversi, tentunya format flac tidak bisa diperoleh dari hasil convert mp3 karena dari bitrate pun berbeda. Misalkan dari mp3 yang ber-bitrate 128 akan dijadikan ke format flac ber bitrate 320, tentu tidak akan bisa .
Untuk mendapatkannya teman-teman bisa searching di google, tapi akan lebih baik teman-teman membeli CD dari artis tersebut kemudian di-convert kedalam Flac.
Semoga bermanfaat kawan ^_^
CMIIW

0 comments:

Posting Komentar

 
;